Panduan Memilih Planer & Sander Yang Tepat

Panduan Memilih Planer & Sander Yang Tepat

 

Untuk meratakan permukaan kayu tidak ada yang dapat mengalahkan alat yang satu ini yaitu planer. Planer membantu Anda untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan dalam meratakan permukaan kayu. Serta dapat difungsikan juga untuk menghapus lapisan pernis, noda, cat, karat ataupun hanya digunakan untuk menghaluskan area yang luas. Sedangkan untuk sander difungsikan sebagai amplas sehingga mempermudah Anda dalam melakukan pekerjaan. Anda akan dapat menyelesaikan pekerjaan hanya dalam kurun waktu setengah hari untuk menyelesaikannya.

 

Planer

 

 

Planer adalah sebuah alat yang membantu Anda untuk meratakan permukaan kayu, membuat lapisan kayu atau untuk membuat tingkat lapisan permukaan. Planer sering digunakan untuk pembuatan rak kayu, lemari atau benda yang terbuat dari bahan dasar kayu.

Fitur utama yang harus diperhatikan dalam memilih planer, diantaranya :

  • Kapasitas lebar – Kapasitas lebar mengacu pada lebar maksimum dari kayu yang dapatdipotong dengan planer.
  • Kecepatan matapisau – Beberapa mesin planer tersedia dengan kecepatan mata pisau yang dapat disesuaikan dan beberapa ada juga yang hanya memiliki satu kecepatan. Kebanyakan operator lebih memilih untuk dapat menyesuaikan kecepatan pisau sendiri.
  • Pisau planer – Pisau planer biasanya tersedia antara dua atau lima pisau planer. Semakin banyak pisau pada planer tersebut dan semakin cepat kecepatan mata pisaunya, akan memberikan hasil pekerjaan yang lebih cepat dan hasil yang lebih halus saat memotong.

 

Bagian Pada Planer


 

Perencanaan lebar

Sebuah perencanaa lebar sangat diperlukan sehingga Anda dapat melakukan pemotongan dalam sekali gesekan.

 

Tingkat kedalaman

Tingkat kedalaman harus ditentukan agar bahan dapat maximal dalam penghalusan.

 

RPM

RPM kepanjangan dari revolutions per minute atau kecepatan putaran per menit. Misalnya, kecepatan saat tidak ada beban adalah 14.000 rpm mengacu pada jumlah revolusi blok cutter dalam satu menit.

 

Cuts per minute

Jumlah pemotongan yang dilakukan planer dalam satu menit.

 

Rebate

Sepotongan kayu yang dapat ditampung oleh panel atau panel kaca.

 

Power input

Yaitu jumlah watt motor saat digunakan atau kebutuhan dari pasokan listrik. Biasanya semakin besar jumlah watt maka tenaga planer akan menjadi lebih kuat.

 

Chip bag

Chip bag digunakan untuk mengumpulkan bagian alat dari planer agar tidak berantakan atau hilang. Dan dapat lebih mempermudah kita dalam pencarian serta agar membuatnya tetap aman.

 

 

 

Sander

 

 

Sangat sedikit aplikasi pengamplasan yang tidak dapat dilakukan oleh sander listrik. Berbeda dengan sander yang dirancang untuk melakukan berbagai tugas atau pekerjaan, jadi penting Anda pahami mengenai mesin yang paling cocok untuk pekerjaan Anda.

 

Belt sander

Sebuah belt sander digunakan untuk mengamplas bagian bawah kayu dan bahan lainnya agar pekerjaan lebih cepat selesai. Belt sander terdiri dari sebuah motor listrik dengan sepasang dengan loop amplas agar mempermulus permukaan. Jenis ini sangat baik digunakan untuk tahap awal proses pengamplasan.

 

Random orbit sander

Sebuah random orbit sander dapat menggabungkan hampir semua kecepatan dan agresifitas belt sander, dengan kemampuan untuk memberikan hasil yang halus. Sander ini sangat berguna ketika digunakan untuk memotong dua bagian kayu dengan sudut yang tepat.

 

Detail sander

Sebuah detail sander adalah sander genggam yang menggunakan kepala bergetar dengan sebuah segitiga amplas yang terpasang. Umumnya digunakan untuk pengamplasan sudut dan ruang yang sangat sempit. Sering juga disebut sebagai pojok sander.

 

Sheet sander

Sebuah sheet sander umumnya digunakan untuk permukaan kayu yang halus dan dapat difungsikan juga pada bahan seperti plastik dan logam. Cara kerja motor bergerak saat pengamplasan dalam gerakan melingkar dengan kecepatan tinggi. Sheet sander sangat berguna terutama saat memerlukan pengamplasan standar yang kemudian dapat dipotong dengan berbagai macam ukuran.

 

Fitur utama yang harus diperhatikan dalam memilih sander, diantaranya :

  • Belt speed – Kecepatan yang lambat berarti lebih banyak kontrol dan kecepatan yang lebih tinggi berarti lebih cepat dan dapat minimbulkan pengamplasan kurang akurat. Kecepatan pengamplasan biasanya diukur dalam satuan RPM
  • Watt – Secara umum semakin tinggi watt maka akan semakin kuat sander yang digunakan, tetapi kecepatan belt atau RPM juga dapat menjadi pertimbangan penting ketika Anda membeli sander.
  • Dust extraction – Sejak memulai pengamplasan pasti akan menimbulkan banyak debu, dust extraction dapat membantu menghilangkan debu dan menjaga area kerja Anda tetap bersih dan bisa menjadi fitur yang berguna.
  • Paper attachment – Ada berbagai jenis kertas pengamplasan, usahakan carilah kertas pengamplasan yang dapat mengamplas lebih cepat dan mudah.

 

 

Bagian pada sander


 

Ukuran pengamplasan

Ukuran piring atau plate saat dipermukaan harus abrasive.

 

Diameter orbit

Diameter orbit pelat dasar ukurannya lebih kecil (1-2 mm) yang dapat menghasilkan permukaan lebih halus, sedangkan yang berukuran 2-3 mm memungkinkan Anda untuk mengamplas lebih cepat.

 

Sanding orbit

Jumlah putaran pelat dasar pada sander mencapai satu menit. Kecepatan ini dicatat pada saat sander tidak memiliki beban, dengan kata lain ketika sander benar-benar hanya melakukan pengamplasan. Kecepatan motor biasanya menurun ketika pengamplasan.

 

Grit size

Lembar abrasive disebut juga dengan ukuran grit misalnya 60 grit, 80 grit dll. Ukuran grit yang lebih besar seperti 40 dan 60 grit sangat baik digunakan untuk pekerjaan kasar. Jika Anda perlu melakukan banyak pengamplas maka gunakanlah grit yang lebih kecil seperti 220 atau 240 grit yang sangat baik untuk pengamplasan ektra halus.

 

Sanding belt size

Sanding belt size biasanya tersedia dalam dua ukuran lebar antara 75 mm dan 100 mm.