3 Warna Cat Dinding yang Disarankan untuk Lebaran

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, berbagai persiapan mulai dilakukan. Salah satunya adalah memperbarui dekorasi dan interior di dalam rumah dengan memberikan warna baru pada dinding rumah.

 

foto: interiordesign.com

 

Atas dasar inilah perusahaan cat Akzo Nobel Decorative Paints Indonesia melalui salah satu mereknya Dulux Catylac memperkenalkan inspirasi warna untuk menyambut datangnya Idul Fitri. Warna tersebut terdiri dari tiga palet warna yang berasal dari 10 warna dasar dan tergabung ke dalam palet warna bertajuk “Warna Warni Favorit Indonesia.”

 

“Ketiga warna ini merupakan warna-warna unik yang mencerminkan identitas nasional dan suasana keakraban yang ingin direpresentasikan melalui warna.” Ketiga warna tersebut adalah hijau, biru, dan kuning. Warna tersebut dipilih berdasarkan riset yang dilakukan oleh Dulux Catylac terhadap para pelanggan setianya.

 

Pemilihan warna-warna tersebut adalah pilihan yang tepat untuk mencerminkan suasana Hari Raya dan Kemenangan. Jika dikaitkan dengan perayaan Idul Fitri menurut survey biru adalah warna yang melambangkan Islam modern.

 

foto: interiordesign.com

 

“Sedangkan dari segi psikologis, warna biru bias menurunkan tekanan darah dan membuat relaks tubuh. Begitu pula dengan warna hijau yang juga mempunyai efek soothing atau menenangkan pikiran.”

 

Hijau juga melambangkan ekspresi kedamaian dan bias membangkitkan rasa kehangatan saat berkumpul dengan keluarga. Adapun untuk warna kuning diibaratkan sebagai warna cerah yang mewakilkan spirit kemenangan setelah sebulan berpuasa. Warna ini juga bias disebut dengan ‘happy color’ karena kepekatan warnanya yang terang dan memberikan efek menyenangkan.

 

Tetapi sebaiknya Anda berhati-hati dalam menerapkan warna kuning, karena jika diterapkan secara berlebihan akan memicu perselisihan. “Jadi cara menyiasatinya pilih warna kuning dengan intensitas warna yang rendah, seperti kuning pastel misalnya.

 

foto: interiordesign.com

 

Warna biru cocok diterapkan di dalam ruang keluarga atau ruang makan. Begitu juga dengan warna hijau yang juga bias diaplikasikan di ruang makan dan kamar tidur. Sedangkan warna kuning lebih tepat diterapkan di ruangan yang kecil, seperti ruang tamu atau kamar mandi.

 

Ketiga warna ini memiliki warna-warna pelengkap yang bisa menghasilkan tiga palet dengan nuansa harmonis atau warna-warna kontras. Dengan adanya warna tersebut Akzo Nobel Indonesia berharap konsumen lebih percaya diri dalam menerapkan warna sehingga bias menciptakan suasana hunian yang diinginkan.

 

Sumber: Dulux Catylac