Batu Bata dan Batu Alam

Batu Bata Dan Batu Alam Lainnya

 

Anda dapat membuat tembok taman Anda dengan batu bata, batu alam atau batu alam buatan (yaitu batu cetakan yang dibuat dan diwarnai menyerupai batu alam asli).

 

Batu Bata

Batu bata adalah material yang ekonomis untuk membuat tembok taman, ada yang kasar, halus, warna dan corak yang beragam, apabila anda mempunyai rumah dengan gaya old style bahkan dapat menggunakan batu bata bekas yang bisa langsung sesuai dinding rumah anda, walaupun terkadang mencari batu bekas lebih sulit dan mungkin tidak terlalu maksimal dalam kekuatan.

 

foto : wordpress.com

 

Jenis-jenis batu bata


 

Ukuran dan bentuk dari batu bata ini bervariasi, baik warna bentuk dan model yang dibutuhkan.

 

Batu bata merah cetak pabrik

Tersedia dalam beberapa ukuran dan tekstur permukaan, jenis batu bata yang paling sering digunakan untuk membuat tembok taman.

 

Batu bata merah cetak tradisional

Lebih ekonomis dan kurang menarik dibandingkan batu bata merah cetakan pabrik yang lebih rapi dan atraktif.

 

Batu bata cetak pabrik

Batu bata yang dibuat oleh pabrikan ini biasanya lebih tebal, sehingga sering digunakan untuk dasar atau pondasi bangunan atau saluran air kotor (got) depan rumah.

 

Ikatan dinding

Biasanya berbentuk kupu-kupu atau silang dan terbuat dari besi anti karat yang berfungsi untuk ikatan antara dinding dalam dan dinding luar atau untuk sudut-sudut dinding.

 

Terdapat lagi model dan bentuk yang unik-unik sehingga sangat berguna untuk menghias tembok dengan batu-batu ini.

 

 

Batu alam

Bahan baku yang terbatas dan tidak terdapat di semua tempat membuat harga untuk batu alam lebih tinggi dibandingkan jenis batu lainnya.

 

foto : archipost.com

 

Jenis-jenis batu alam


 

Batu candi

Sesuai dengan namanya, jenis batu alam ini sudah digunakan pada zaman dahulu kala untuk membangun candi, stupa candi maupun patung, jenis batu ini dapat menciptakan kesan sejuk dan alami, namun batu candi ini sangat mudah terkena lumut apabila tidak dilapisi lagi dengan coating batu alam.

 

Batu andhesit

Mempunyai ciri tak mudah terkena lumut, strukturnya padat dan tahan terhadap perubahan cuaca, jenis batu ini sering digunakan untuk pada pagar rumah maupun dinding eksterior rumah, serta cocok untuk diaplikasikan pada rumah minimalis

 

Batu koral sikat

Ciri khasnya adalah bulat kecil, warna-warni dan banyak motifnya , biasanya dipakai untuk memperindah tampilan taman, kolam ikan, teras, carport dsb.

 

Batu marmer

Model batu ini memberi kesan dingin, sejuk dan elegan.

 

Batu templek

Batu ini juga cocok untuk kolam taman ataupun taman rumah.

 

Batu palimanan

Ciri dari batu ini empuk dan mudah dibentuk, sehingga bisa digunakan untuk aksesories tambahan ataupun ornamen dinding rumah.

 

Batu paras yogya

Ciri dari batu ini berwarna putih dan lunak, sehingga memudahkan penempatan dan pembuatan dari batu alam jenis ini, namun kekurangannya adalah batu jenis ini mudah terkena lumut.

 

Sedikit tips, jika pemakaian batu alam dilakukan pada eksterior, alangkah baiknya menggunakan coating batu alam. Terutama untuk batu alam jenis standstone dan batu alam candi, yang memiliki pori-pori besar sehingga mudah di tumbuhi jamur maupun lumut.