Panduan Memilih Cat yang Tepat untuk Ruangan Anda

PANDUAN MEMILIH CAT YANG TEPAT UNTUK RUANGAN ANDA

 

Mengecat ruangan adalah salah suatu pekerjaan yang dapat dilakukan sendiri untuk rumah Anda. Baik bagi Anda yang baru saja pindah ke rumah baru atau Anda yang ingin menyegarkan tampilan rumah, mengecat dapat membuat Anda menambah kesan personal pada ruangan Anda.

 

foto : blogmint.com

 

Permukaan dinding di rumah Anda turut menentukan jenis cat spesifik apa yang tepat untuk digunanakan. Dapatkan panduan cara memilih cat yang tepat bagi Anda dari artikel di bawah ini.

 

Jenis Cat Apa yang Harus Saya Gunakan?


Untuk Dinding dan Ceilings : Cat Emulsion

 

Cat emulsion adalah jenis cat yang ideal untuk dinding dan ceilings karena memiliki bahan dengan dasar air dan juga tersedia dalam varian warna yang luas. Cat emulsion biasanya membutuhkan dua lapis ketika melakukan pengecatan. Dan sebaiknya Anda menggunakan cat dasar terlebih dahulu sebelum melakukan pengecatan dengan warna yang dipilih, jika Anda menginginkan hasil warna yang baik dan tidak timbul noda hitam pada dinding Anda.

 

Berikut adalah jenis-jenis dari cat emulsion:

 

Matt emulsion

 

Cat jenis ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan hasil warna yang merata dan non-reflective, sehingga dapat menyamarkan permukaan dinding yang tidak rata. 

 

foto: hunianrumah.com

 

Sheen emulsion

 

Cat Sheen emulsion adalah cat emulsion yang halus dan lembut sangat ideal untuk digunakan pada dinding dan langit-langit, hasil pengecatan yang halus akan terkesan lebih indah pada ruangan Anda.

 

foto : rumahidealis.com

 

Hi-gloss emulsion

 

Hi-gloss emulsion memberikan efek mengkilap dan mempunyai keunggulan dapat dibersihkan, sehingga cat jenis ini sangat cocok untuk dinding-dinding rumah yang memiliki resiko mudah kotor, seperti kamar tidur anak.

 

foto: urbanhomez.com

 

Flexx emulsion

 

Cat jenis ini difungsikan untuk mengatasi atau menutupi keretakan pada dinding Anda. Flexx emulsion diformulasikan untuk menyatukan celah dan mencegah keretakan lebih lanjut di kemudian hari. Anda akan mendapatkan hasil yang halus dengan tampilan warna-warna cerah yang bertahan lebih lama.

 

foto : solovely.com

 

Untuk dapur dan kamar mandi : Hi-gloss atau Easy wash

 

Dapur dan kamar mandi cenderung beruap, cat jenis ini dirancang khusus untuk tahan terhadap kelembaban, embun dan minyak. Dengan menggunakan cat jenis ini, Anda tidak hanya mendapatkan permukaan dinding yang tahan terhadap hal-hal tersebut tetapi juga membuat dinding Anda mudah dibersihkan.

 

foto: blogspot.com

 

Cat jenis emulsion akan menyerap kelembapan ruangan. Lembabnya suatu ruangan dapat menimbulkan jamur dan perubahan terhadap warna cat. Jadi sangat tepat jika Anda menggunakan cat jenis ini untuk dapur dan kamar mandi Anda.

 

Untuk furnitur, pintu, bingkai dan media kayu Lainnya : Sintetic artic

 

Pratama Supermarket Bangunan menawarkan berbagai cat multi fungsi yang dapat digunakan di berbagai ruangan di rumah Anda. Cat jenis ini cocok untuk furnitur atau dekorasi rumah yang terbuat dari kayu. Sintetic artic memiliki formula khusus sehingga membuat cat lebih tahan lama dan mudah dibersihakan. Sangat cocok untuk pintu, bingkai dan media kayu lainnya. Untuk merk tertentu cat jenis ini juga dapat digunakan pada media besi.

 

foto: ikea.com

 

Primer and undercoats

 

Cat primer dan undercoats yang dikenal juga sebagai cat dasar berfungsi untuk mendapatkan hasil dinding yang lebih sempurna, terutama bagi Anda yang menginginkan warna kuat atau gelap pada dinding.  Selain itu cat primer dan undercoats juga berfungsi mecegah gradasi warna, menambah daya rekat cat. Cat dasar tertentu memiliki bahan dasar solvent yang betujuan untuk dinding yang lembab dan berjamur yang dapat menimbulkan bercak hitam.

 

 

Tips Memilih Warna Cat


Memilih warna yang tepat untuk dinding Anda adalah sebuah keputusan yang kadang terasa sulit. Dan dikarenakan memvisualisasikan warna di sebuah ruangan cukup sulit, ada beberapa tips sebelum Anda memutuskan warna apa yang akan dipilih.

 

Tips 1: Lihat keseluruhan ruangan Anda

 

Jangan langsung mengecat pada dinding di rumah untuk berjaga-jaga bila Anda ingin berubah pikiran. Jika Anda langsung melakukan pengecatan pada dinding dan tidak menyukainya, Anda harus mengecat ulang semua ruangan. Anda dapat mengecat pada sebuah kertas dan tempelkan pada dinding yang Anda ingini. Jika sudah diputuskan warna yang diingini catat tipe warna tersebut.

 

Tips 2: Tes pada pencahayaan yang berbeda-beda

 

Warna cat dapat berubah ketika telah diaplikasikan pada dinding dan dapat terlihat sangat berbeda. Tes warna cat yang Anda inginkan dengan pencahayaan dirumah Anda untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

 

Tips 3: Membandingkan warna

 

Ketika Anda mempertimbangkan warna yang akan dipilih, jangan membandingkan dengan banyak warna karena hal tersebut akan membuat Anda semakin sulit dalam menentukannya. Pilihlah warna dengan warna dan varian yang serupa.

 

Tips 4: Simulasi warna

 

Jika Anda masih kesulitan dalam memvisualisasikan warna ruangan yang diinginkan, Anda dapat langsung datang ke Pratama Supermarket Bangunan untuk mensimulasikan warna rumah Anda pada aplikasi simulasi cat yang kami sediakan