Panduan Memilih Perekat dan Sealant Yang Tepat

Panduan Memilih Perekat dan Sealant Yang Tepat

 

Ada banyak jenis pilihan untuk produk perekat maupun sealant di pasar, tetapi Anda harus memilih produk yang tepat untuk aplikasi pekerjaan Anda. Disini kami akan memandu Anda dalam memutuskan produk yang terbaik untuk pekerjaan itu.

 

Sebelum Anda memulai

Pertama tama Anda harus memperhatikan semua jenis permukaan yang menempel, pastikan  permukaan bersih, bebas dari debu dan permukaan tidak lembab atau basah. Bila Anda menggunakan perekat atau sealant, pastikan juga Anda selalu membaca dan mengikuti petunjuk pabrik. Area bekerja harus berventilasi baik, karena beberapa lem perekat mengandung pelarut yang mengeluarkan asap. Hati hati terhadap perekat superglues yang dapat menempel pada kulit. Dan perlu diwaspadai juga bahwa banyak perekat yang mudah terbakar.

 

Perekat


 

 

 

PVA (Perekat Polyvinyl)

Biasanya dikenal juga sebagai PVAs, perekat jenis ini memiliki banyak kegunaan salah satunya untuk merekatkan kayu dan perekat bangunan. Meskipun perekat jenis ini terlihat berwarna putih susu saat Anda keluarkan dari tabungnya, tapi saat mengering perekat akan terlihat transparan. Beberapa jenis perekat ini juga tahan air, yang sangat cocok diaplikasikan pada daerah yang lembab.

 

Perekat berbahan karet

Perekat jenis ini biasanya digunakan sebagai laminasi sintetis dan umumnya diaplikasikan pada produk berbahan kayu. Anda dapat menggunakannya dikedua permukaan, dan pastikan Anda menekan permukaan secara bersamaan atau dapat ditekan dengan bantuan klip, tape atau benda berat lainnya.

 

Perekat epoxy

Kegunaan perekat jenis ini dapat menempelkan logam, keramik, batu, kaca maupun benda berbahan plastik. Gunakan perekat epoxy di kedua bagian untuk penggunaan area luar atau sendi yang harus tahan air. Anda harus berhati-hati dalam mengaplikasikan perekat epoxy jika dalam berbentuk bubuk karena dapat menimbulkan racun. Selalu periksa label produk karena beberapa perekat tidak dapat menempel di semua jenis bahan.

 

Perekat lantai

Perekat jenis ini berbahan dasar lateks sintetis, dapat menempel pada bagian lantai. Selain itu perekat lantai juga dapat menahan air jadi penggunaannya sedikit fleksibel. Anda tidak perlu khawatir lantai Anda akan retak jika berjalan di atasnya.

 

Perekat coving

Perekat ini berfungsi untuk mengisi kesenjangan antar celah agar tampak menyatu, umumnya digunakan untuk plafon, ubin polystyrene atau eternity. Anda juga dapat menggunakannya pada ubin lantai. Seperti halnya perekat resin karet, perekat coving juga tahan terhadap guncangan tanpa menimbulkan keretakan.

 

Perekat aklirik

Gunakan perekat akrilik bukan paku ataupun sekrup untuk memperbaiki cetakan kayu dan ujung papan.

 

Perekat filler

Perekat filler tersedia dalam bentuk kaleng bertekanan, perekat jenis ini sering difungsikan untuk mengisi celah pada kayu, batu, maupun plesteran. Perekat akan mengembang saat dikeluarkan dari tabung dan jika ingin membersihkan perekat harus menggunakan pelarut yang diformulasikan khusus untuk menghapusnya.

 

Perekat super

Perekat ini dapat cepat bekerja untuk menempelkan semua jenis benda rumah tangga kecil termasuk logam, kaca, keramik dan plastik. Anda harus berhati hati dalam penggunaannya, karena perekat jenis ini jika terkena kulit dan menempel pada bahan akan sulit untuk melepaskannya serta akan menimbulkan luka. Jika itu terjadi Anda harus menggunakan super glue remover khusus agar memisahkan kulit dan bahan.

 

 

Sealant


 

 

 

Sealant mastics

Jika Anda ingin menutup bagian sekitar jendela dan kusen pintu untuk menghindari kebocoran air diantara celah yang mengakibatkan kayu menjadi rusak? Sebuah selant mastics adalah pilihan yang tepat. Sealant jenis ini memiliki banyak pilihan warna, dan biasanya tersedia dalam bentuk refil yang penggunaannya harus menggunakan sealant gun. Anda juga dapat menggunakan sealant jenis ini untuk diaplikasikan pada akrilik untuk mengisi sendi yang mengalami keretakan.

 

Sealant roofing

Sealant roofing sangat sempurna untuk memperbaiki keretakan kecil pada bagian atap dan dapat diaplikasikan pada bahan berjenis plastik.

 

Sealant silikon

Sealant silikon berfungsi untuk menahan air pada sekitar area bak mandi atau wadah air, sealant ini juga sangat tepat diaplikasikan untuk menutup celah pada dinding Anda.